Pollycarpus Meninggal Dunia, Suciwati: Kasus Munir Jangan Berhenti

Posted on

Pollycarpus Budihari Prijanto, bekas pilot yang divonis bersalah dalam masalah pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib wafat pada keadaan positif virus Corona (COVID-19). Istri Munir, Suciwati memperjelas jika meninggal dunianya Pollycarpus tidak hentikan penuntasan masalah Munir.

Dalam pengakuan tercatatnya dengan KASUM (Komite Tindakan Kebersamaan Untuk Munir) yang diterima detikcom, Minggu (18/10/2020), Suciwati pertama-pertama sampaikan berkabung.

“Di tanggal 17 Oktober 2020 Pollycarpus, aktor lapangan masalah pembunuhan Munir wafat. KASUM ucapkan ikut bersedih atas kematiannya Polycarpus terutamanya ke keluarga,” tutur Suciwati dalam info tercatatnya.

Walau begitu, ia memandang meninggal dunianya Polycarpus perlu diselidiki. Karena, menurut dia Pollycarpus mempunyai banyak info masalah pembunuhan Munir.

BCA – Akhir Pelarian Napi Cina Cai Changpan, Gantung Diri di Kawasan Hutan Bogor

“Kami memandang kematiannya Pollycarpus perlu diselediki oleh kewenangan yang berkuasa mengenai karena serta musabab kematiannya Pollycarpus. Karena, untuk aktor lapangan pasti Pollycarpus mempunyai banyak info berkaitan masalah pembunuhan Munir, khususnya info mengenai atasan yang memerintah ia,” katanya.

Ia menggerakkan pentingnya penyidikan yang netral serta terbuka. Ini untuk menghindar keraguan berkaitan wafat dunianya Pollycarpus.

“Oleh karena itu, penyidikan atas kematiannya Pollycarpus perlu dilaksanakan dengan netral serta terbuka oleh kewenangan yang berkuasa. Ini perlu dilaksanakan untuk menghindar kecurigaan-kecurigaan berkaitan kematiannya Pollycarpus,” katanya.

Ia memperjelas jika meninggal dunianya Pollycarpus bukan bermakna masalah pembunuhan Munir stop. “Kami memandang meskipun Pollycarpus sudah wafat, tetapi penyidikan masalah pembunuhan Munir jangan stop dilaksanakan aparatus penegak hukum. Penyidikan masalah Munir perlu terus dilaksanakan mengingat dari beberapa bukti di persidangan serta bermacam bukti yang lain pengungkapan masalah Munir selalu bisa dilaksanakan, meskipun Pollycarpus sudah wafat,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *