Tabrak Polwan, Kepesertaan Wakil Bupati Yalimo di Pilkada Belum Terpengaruh

Posted on

Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi terjebak dalam kecelakaan jalan raya (lakalantas) di Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/9/2020).

Kecelakaan itu mengakibatkan seorang Polwan namanya Bripka Christin Meisye Batfeny (36) wafat di tempat peristiwa.

Sekarang ini, Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi dengan status untuk akan calon Bupati Yalimo dengan pasangannya Jhon W Will.

Tentang hal itu, Komisioner KPU Papua, Melkianus Kambu menjelaskan, walau yang berkaitan tengah jalani proses hukum, tapi hal tersebut belum menganggu kepesertaannya di Pemilihan kepala daerah Yalimo 2020.

Sebelumnya ada fundamen hukum dari pengadilan, karena itu tingkatan penyalonan masih bersambung,” tutur Melkianus, lewat pesan singkat, Kamis (17/9/2020).

Di antara proses hukum dengan tingkatan Pemilihan kepala daerah yang tengah berjalan, jelas Melkianus, akan berjalan terpisah hingga Erdi Dabi dapat jalani kedua-duanya.

“Silakan proses hukum berjalan, tetapi dari KPU yang berkaitan belumlah ada keputusan masih, karena itu sekali tingkatan penyalonannya masih beranjut,” kata Melkianus.

Disamping itu, dia menyebutkan bisa yang berkaitan diganti untuk akan calon bupati jika dia memundurkan diri, dengan fundamen hukum dari pengadilan.

“Pokoknya dari bagian peraturan hukum belumlah ada keputusan yang mengikat. Jika yang berkaitan memundurkan diri untuk calon ya bisa, serta itu dikembalikan ke Partai politik simpatisan. Tetapi kan balik lagi, belumlah ada keputusan inkrah,” tutur Melkianus.

Sebelumnya telah dikabarkan. Wakil Bupati Yalimo Erdi Dabi terjebak kecelakaan yang tewaskan seorang polisi wanita (polwan) di Area Jayapura Selatan, Kota Jayapura Papua. Rabu (16/9/2020) jam 07.30 WIT.

Erdi disangka mengemudikan mobil pada kondisi mabuk.

Kapolresta Jayapura AKBP Gustav Urbinas membetulkan, Erdi adalah aktor yang mengemudikan mobil Toyota Hilux yang menabrak polisi wanita itu.

Disamping itu, Erdi Dabi pun tidak bawa surat izin berkendara serta surat sinyal nomor kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *