3 Pabrik di Bekasi yang Jadi Fokus Penanganan Covid-19 Jawa Barat

Posted on

Beberapa pabrik di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, jadi cluster penebaran Covid-19. Keseluruhan 698 buruh di 22 pabrik dipastikan positif. Tetapi, jumlah buruh yang terkena Covid-19 terbanyak diketemukan di tiga pabrik. Berikut rinciannya.

1. Pabrik LG Electronic Indonesia

Pabrik yang ada di teritori industri MM2100, Cikarang, ini diketemukan beberapa ratus masalah positif Covid-19 pada Senin, 24 Agustus 2020. Kepala Bagian Penjagaan serta Pengaturan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Irfan Maulana, menjelaskan cluster baru di pabrik LG karena ada imported kasus atau tiba di luar pabrik.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan masalah diketahui sesudah ada karyawan wafat pada 19 Agustus 2020 lantas di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur. Petugas selanjutnya lakukan tes massal pada Jumat minggu kemarin, 21 Agustus 2020. Satgas Perlakuan Covid-19 Kabupaten Bekasi memverifikasi sekitar 242 karyawan positif Covid-19.

2. Pabrik NOK Indonesia

Sekitar 220 buruh di pabrik spare part di teritori Cikarang Barat ini terkena Covid-19. Sama dengan LG, Jubir Satgas Pemercepatan Perlakuan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan sumber penyebaran virus corona di pabrik PT NOK datang dari masalah import. Pasien pertama ada di zone merah dengan masalah tinggi lantas mentransmisi virus ke lingkungan pekerjaan.

3. PT Suzuki

Sekitar 71 karyawan pabrik Suzuki di Tambun, Kabupaten Bekasi dipastikan positif Covid-19. Jubir Satgas Pemercepatan Perlakuan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menjelaskan, masalah pertama di pabrik Suzuki Tambun I diketemukan pada 20 Agustus kemarin. “Lewat tes internal perusahaan,” kata Alamsyah.

Untuk memutuskan mata rantai penebaran, faksi PT Suzuki lakukan pengurangan kemampuan produksi pabrik sekitar 50 % dari situasi normal semenjak 24 Agustus 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan Kabupaten Bekasi jadi konsentrasi prioritas perlakuan penebaran masalah Covid-19 team Gugus Pekerjaan Pemercepatan Perlakuan Covid-19 Propinsi Jawa Barat.

“Kabupaten Bekasi serta Karawang jadi konsentrasi kami. Semasa dua minggu semua sumber daya yang dipunyai propinsi akan diarahkan ke ke-2 wilayah industri ini,” kata Ketua Gugus Pekerjaan Jawa Barat Ridwan Kamil waktu berkunjung ke Kabupaten Bekasi, Jumat, 4 September 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *